Teknik dasar dalam pembuatan Storyboard

 Clip, cut, paste, trace, copy dan color adalah teknik dasar dalam pembuatan Storyboard. Orang dengan kemampuan seni lebih dapat melakukan ini lebih baik tetapi setiap orang harus mencobanya sendiri.
Pengertian Clip, Cut dan Paste dalam membuat Storyboard
* Clipping adalah proses paling efektif untuk memperoleh gambar-gambar yang menarik.
* Cut adalah memotong koleksi gambar yang dikumpulkan dari berbagai sumber.
* Paste adalah menyalin gambar-gambar yang menarik guna menggali ide-ide kreatif.
Clip, Cut dan Paste dalam membuat Storyboard
Dengan melakukan Clip, Cut atau paste kita bisa menemukan pola yang bisa saja muncul sebagai “sesuatu yang baru”. Bentangkan hasil clipping yang ada sehingga kita dapat mengambil dan memilih untuk memperoleh koleksi yang baik yang kita inginkan.
Kunci sukses dalam hal ini adalah kita melakukan proses asosiasi bebas untuk memandu kita memilih. Kemudian kelompokkan gambar dalam kategori atau subjek yang sama. Setalah kita memiliki gambar yang cocok dan kata-kata dibawah panel, lanjutkan ke panel berikutnya.
Perlu diingat kalai kita dapat memotong,menyalin dan menempel dengan menggnakan koleksi gambar yang dikumpulkan dari berbagai sumber dan membuat sebuah adegan yang membantu menerangkan cerita. Bentangkan Storyboard kita pada sebuah papan poster dan temple dengan selotip. Sekarang kita memiliki satu set Storyboard yang dapat digunakan untuk mengetahui cerita kita.
Gunakan kata “bagaimana jika…” dan bermainlah dengan clipping tersebut. Atur dan susun ulang mereka sampai sesuatu muncul di imajinasi kita. Jika masih memiliki keraguan tentang kekuatan teknik ini, cobalah dengan cara lain…
Oleh : Yuliana XI MM3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s