Syarat – syarat dalam pembuatan Storyboard

Prinsip Penulisan Storyboard
* Kreatif
    yaitu pesan visual/ ide yang disampaikanharus asli atau tidak meniru
* Komunikatif
   yaitu bahasa yang digunakan mudahditerima dengan baik dan lancar
* Efisien
    yaitu pesan yang disampaikanmempunyai keteraturan sehinggasesuai dengan apa yang diingikan
* Efektif

yaitu pesan yang disampaikan tepatdan lancar sesuai tujuan dansasaran yang ingin dicapai.

* Estetis
   Yaitu pesan atau gagasan yang disampaikanmemiliki unsur atau nilai keindahan.
Dengan lima prinsip tersebut diharapkanStoryboard yang dibuat memenuhikebutuhan apa yang ingin disampaikan danmemiliki daya tarik secara visualisasi.
Konsep dan Strategi serta Proses
Perancangan Grafis
Konsep 5 W + 1 H
yaitu :
‘What, Why, Who, Which, Where, How’

1.Pesan apa yang ingin disampaikan ?

2.Apa jenis dan cakupan ?
3.Apa keunggulannya dan bagaimanakonsep membawakannya ?
4.Kepada siapa pesan ini diperuntukkan ?
5.Bagaimana cara pendekatan denganaudience ?
6.Apa peluang dan target dari yang ingindicapai ?
7.Apa yang diperlukan untuk menggalipotensi audience ?
8.Kebiasaan, cara dan pola masyarakat?
9. Pendekatan komunikasi dan kreatif apayang tepat untuk itu ?
Strategi
yang diperlukan dalam upayaproses menyampaikan pesan secaraefektif dan efisien : Cara yang biasadipergunakan yaitu: 1.Merancang strategi komunikasi
2.Merancang strategi kreatif
Langkah-langkah dalam Proses
Perancangan
yaitu :
1. Pengumpulan Data
    , sebagai bahandasar untuk dianalisa. Data dapatberupa data tertulis (verbal), dan datagambar (visual), atau data             lainnyaseperti suara (audio), data teraba(bentuk 3 dimensi) dan aroma/ rasa.
2. Pengelompokkan atau Klasifikasi
 yaitu proses pemilahan, data dasardianalisa untuk dirumuskan.Hasil rumusan tersebut merupakan bahanpenyusunan :Konsep Umum, lebih ditekankan padakonsep komunikasinya.Konsep Kreatif, lebih ditekankan padakonsep kreatifnya.
3.  Implementasi Adalah perwujudan visual(visualisasi)

kreatif ke dalam mediayang telah dipilih berdasarkankesesuaian dengan visi, misi,maksud, tujuan, sasaran pesan agarefisien, efektif, komunikatif danmemiliki nilai keindahan.

Pada proses implementasi inidiperlukan strategi serta pemikiranproses produksi media dan penerapanpada media serta penyebarannya,serta pemasangan di lokasi yang tepat(strategis).
4.  PreTest
 Biasanya akan dilakukan pretest ( ujicoba sebelum storyboard yang ditulisdituangkan dalam bentuk visual danaudio.
Oleh : Yuliana XI MM3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s