6 Tips Mengurangi Flare Pada Foto

Saat sinar matahari (ataupun sinar dari sumber cahaya apapun) secara langsung menabrak elemen bagian depan lensa, besar kemungkinan akan muncul flare di hasil akhir foto anda. Ada dua macam flare dalam fotografi. Yang pertama dinamai specular flare, dimana muncul bulatan cahaya disepanjang frame seperti dalam foto dibawah ini:
flare-foto
Yang kedua adalah veiling flare, dimana cahaya masuk ke bagian gelap (shadow) dalam foto sehingga mengurangi kontras, ketajaman dan definisi detail. Flare yang ini lebih tersamar dan tidak terlalu mencolok. Contoh veiling flare adalah saat anda memotret backlit.
Cara Menghindari Flare
Dalam foto, flare bisa dimanfaatkan secara kreatif dan disengaja untuk memberi kesan khusus pada foto. Namun dalam kebanyakan kondisi normal kita ingin menghindari flare. Untuk menghindari flare, cara paling efektif adalah dengan mengusahakan agara cahaya tidak langsung menabrak bagian depan lensa. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan:
1. Mengubah Posisi
Terkadang yang dibutuhkan untuk menghilangkan flare cukup dengan mengubah posisi atau mengubah sudut lensa anda. Contohnya dalam foto diatas, karena flare muncul maka dengan sedikit menundukkan lensa kebawah, flare dengan sendirinya hilang:
15814047715178138463

n
2. Pasang Lens Hood
Lens hood selain berfungsi melindungi lensa secara fisik juga membantu menghilangkan flare. Lens hood menghilangkan flare dengan memberi payung bagi elemen depan lensa. Namun lens hood tidak begitu efekti pada lensa sudut lebar (wide angle) yang memang lebih rentan terkena flare.
3. Gunakan Tangan Anda
Kita bisa memanfaatkan tangan yang untuk menghalangi sinar yang langsung menabrak bagian depan lensa, asalkan hati-hati. Jangan sampai tangan anda muncul di foto.
4. Gunakan Lensa Prime
Lensa prime lebih tahan terhadap flare dibandingkan lensa zoom, ini dikarenakan lensa prime memiliki elemen internal yang lebih sedikit. Asal anda tahu, flare juga bisa disebabkan oleh sifat penyebaran cahaya didalam elemen internal lensa, jadi semakin sedkiti elemen lensa lebih tahan terhadap flare. Lens hood lensa prime juga tidak harus mengakomodasi beragam focal length seperti lensa zoom, sehingga lebih efektif kerjanya. Apa itu lensa prime dan apa saja keistimewaan lainnya bisa anda baca disini.
b
5. Jagalah Kebersihan Lensa
Kalau anda memakai kacamata dan ada bekas minyak menempel dikacamata, maka saat anda terkena sinar matahari langsung bekas minyak tadi akan sangat mengganggu dan terlihat lebih silau. Begitu juga dengan lensa.
6. Kualitas Lensa Dengan Coating Tertentu
Lensa modern yang berkualitas dirancang dan bagian optiknya dilapis dengan teknik tertentu sehingga lebih tahan dan bisa mengurangi flare yang kalau dilensa dengan kualitas rendah sangat terlihat. Perhatikan deskripsi lensa saat anda akan membeli, apakah lensa tersebut dibuat dengan teknik yang mereduksi flare ataukah tidak. Baca juga pengertian dalam singkatan-singkatan yang dipakai di lensa Nikon dan lensa Canon.

sumber : http://belajarfotografi.com/6-tips-mengurangi-flare-foto/
oleh : hana hasya XI MM3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s