Membuat Wallpaper Valentine Menggunakan CorelDraw

langkah langkahnya :

Langkah 1

Langsung saja kita buka program CorelDraw X4 menggunakan ukuran kertas A4 dengan orientation Landscape.

Langkah 2

Kemudian pilih menu text > insert symbol character , setelah tampil docker insert character, pilih jenis font “Webdings” lalu scroll ke bawah dan pilih gambar hati, kemudian klik tombol insert pada bagian bawah docker.

Aturlah ukuran gambar hati tersebut sesuai keinginan hatimu, kemudian beri warna merah.

Langkah 3

Kemudian dengan menggunakan elips tool, buatlah sebuah lingkaran yang bulet sempurna , kemudian beri warna merah, lalu buat juga sebuah elips kecil dan berikan warna putih, dan susunlah seperti gambar. Oh ya jangan lupa outline di hilangkan ya.

Pilih  interactive blend tool lalu klik pada elips berwarna putih dan tarik hingga lingkaran berwarna merah. Pada option bar, berikan jumlah blend objek nya 50 agar terlihat halus.

Langkah 4

Untuk meng edit posisi elips berwarna putih nya agar terlihat bagus, kita dapat mengaturnya melalui menu View > Wireframe dan aturlah posisi nya seperti gambar. Setelah selesai pilih kembali menu View > Normal .

Langkah 5

Copy dan paste kan di bagian hati sebelahnya.

Pilih pen tool dan gambarlah bentuk seperti ini pada bagian bawah hati, dan rapihkan menggunakan shape tool.  Lalu beri warna putih.

Langkah 6

Dengan interactive transparancy tool  Jadikan objek menjadi transparan.

Jangan lupa hilangkan warna outline ya!.

Berikutnya kita gambar latar belakangnya, kali ini saya menggunakan warna biru, agar keliatan kreatif lah, sebab tema valintine kan biasanya berwarna merah atau pink.

Langsung saja klik 2x pada Rectangle tool Sehingga di peroleh bentuk kotak yang langsung seukuran area kerja kita, lalu berikan warna gradasi biru dan biru muda menggunakan fontain fill (F11) Dengan type radial.

Langkah 7

Buatlah persegi panjang dengan warna putih tanpa outline, kemudian klik pada bagian tengah nya dan pindahkan titik pusat rotasi pada bagian bawah, lalu tampilkan docker transformation melalui menu Arrange > Transformation > rotate.

Pada docker transformation rotate, berikan nilai rotasi sebesar 6o Lalu klik applay to duplicate untuk menggandakannya.

Langkah 8

Kemudian pilih semua objek persegi panjang tadi ( agar lebih mudah aktifkan object manager pada docker ) Lalu jadikan sebuah group.

Lalu pilih menu Effects > Powerclip > place inside container dan masukkan ke kotak berwarna biru sebagai latar belakang.

Langkah 9

Klik kanan pada kotak tersebut untuk meng edit persegi panjang tadi, pilih edit content. Agar terlihat objek persegi panjang nya aktifkan lagi  view > wireframe.

Klik objek tersebut dan pilih interactive transparancy tool kemudian pada option bar pilih yang uniform agar transparan nya merata. Setelah itu keluar dari powerclip dengan klik finish editing object pada bagian bawah nya.

“Jangan lupa untuk mengembalikan tampilan menjadi normal kembali dengan  View > Normal”

Langkah 10

Kemudian blok seluruh gambar hati lalu jadikan group dan letakkan gambar hati di bagian tepi, lalu buatlah lingkaran menggunakan elips tool seperti gambar.

Langkah 11

Blok seluruh lingkaran dan pilih menu Arrange > shapping > Weld Setelah menyatu perkecil ukurannya Lalu berikan warna putih sebagai fill dan warna biru muda sebagai outline.

Untuk outline, kita bisa mengaturnya melalui outline pen atau tekan F12 dengan ukuran 24pt dan jangan lupa mengaktifkan fungsi behind fill dan scale with image.

Langkah 12

Kemudian buat juga lingkaran lain yang lebih kecil dengan warna dan outline yang sama dan letakkan di sekitar objek yang basu saja kita buat.

“Sik Asik” sudah jadi nih latar belakangnya, bagaimana? kerenkan? “Te”  “O” “Pe” “Be” “Ge” “Te” dah pokoknya!.

Berikutnya tinggal tambahkan Teks dan letakkan gambar hatinya di sekitar kotak untuk menjelaskan bahwa valentine itu intinya menebarkan kasih sayang ke orang yang berada di sekitar kita.

Oh ya, untuk teks bisa gunakan kombinasi warna gradasi dan outline dan pemilihan jenis huruf yang tepat dapat mempercantik tampilan desain kita. Selamat mencoba ^_^

Hasil akhir

 

Sumber : http://news.palcomtech.com/2012/02/membuat-wallpaper-valentine-menggunakan-coreldraw/

oleh : Yuliana XI MM3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s