Membuat Polar Effect dengan Filter Polar Coordinates

Syarat membuat gambar polar ini gambarnya musti ukuran gede.. soalnya nanti gambar akan tereduksi jadi kecil.. kalo gambar kecil bisa pecah hasilnya..Buka gambar kota landscape (mamanjang ke samping) . gambar bisa searching di google :D

Kita harus hapus bagian pohon-pohonannya diganti dengan laut.. lho.. gimana caranya ? gampang kok..

Seleksi bagian kecil dari air trus tekan ctrl+c (copy) lalu ctrl +v (paste) nanti akan terbentuk layer baru secara otomatis..

perbesar dikit dan geser ke bagian pepohonan..

hapus bagian yang keliatan gak normal yaitu ada batas kotak nya dengan eraser tool .. softround sekitar 300 atau secukupnya..

Kalo udah.. silahkan duplikat layer 1 tadi dengan menekan Ctrl+J.. lalu geser dikit ke samping nya..

Hapus bagian yang kurang sreg di hati.. yaitu batas kotaknya dengan eraser tool soft round.

cara yang sama buat yang lainnya.. sehingga gambarnya berubah jadi gini :

Gabungkan semua layer dengan menekan ctrl +E dimulai dari layer paling atas.

Selanjutnya .. ini langkah yang menyebalkan.. karena butuh ketelitian.. hehehe ..

Seleksi bagian gedung-gedung dan laut yang tadi dibuat dengan menggunakan PEN TOOL..

singkat cerita .. hasil seleksi dengan pen tool semacam ini

Klik kanan di gambar > make selection

Nih hasil seleksinya

Tekan CTRL + J untuk menduplikat yang terseleksi.. nanti terbentuk layer baru dengan gambar hasil seleksi.

Crop bagian yang nanti akan dipake yaitu bagian gedung dan laut nya..

tekan enter.. supaya crop nya bekerja atau klik 2x .

Hilangkan gambar di background dan ganti dengan warna putih.. tekan ctrl + backspace di layer background

karena prinsip Polar coordinates adalah memutar gambar sehingga bagian kanan dan kiri tersambung.. maka harus kita setting agar pas dipolar gak keliatan sambungannya..

Seleksi bagian kanan gambar di layer 1..

Tekan ctrl+ X (cut) dan tekan ctrl+v (paste) , akan terbentuk layer baru dengan gambar yang terseleksi tadi.

Geser hasil cut paste tadi ke bagian kiri gambar dan geser gambar utuh ke bagian kanan .. nempel di batas sisi.

Gabungkan kedua layer dengan menekan CTRL+ E.. dari layer yang paling atas yah..

Karena di penggabungan tadi ada yang kurang alami.. manipulasi dikit sambungannya dengan clone tool..

Hasil manipulasi batas sambungan seperti ini jadinya..

Klik Image > Rotate canvas > 180 derajat

Klik Filter > Distort >  Polar Coordinates

hasilnya agak gepeng

benerin kegepengan ituh.. dengan cara drag titik tengah samping kanan ke kiri sampai keliatan bulet

Hasilnya setelah background nya di kasih warna

bagus kan.. silahkan mencoba… semoga berhasil kawan.. :)

 

Sumber : http://ilmuphotoshop.com/membuat-polar-effect-dengan-filter-polar-coordinates/

Oleh : Yuliana XI MM3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s