Membuat Efek Urban dengan Adobe Photoshop

Cara membuat efek urban pada photoshop

Langkah – langkahnya :

Di efek ini kita butuh bantuan Brush yang berbentuk Bunga, daun dan swirl.

 

Download dulu Brush nya >> Klik disini <<.
Cara Installnya :
Setelah di download.. extract file brush.rar pake WinRar. kalo blom ada winrar, Download winrar disini.
setelah di extract file Swirls_And_Flowers_Brushes.abr .. copy ke c://program files/adobe/photoshop/preset/brush/
Klik 2x file tersebut.. nanti kebuka photoshop nya kan ? nah brush nya sudah terinstall.. Congratulation!! :)

 

Sekarang buka dokumen baru .. kalo mau dijadiin wallpaper pake ukuran standard wallpaper aja 1024 px x 768 px

 

urban effect 1

 

klik gradient tool, buat radial gradient (warna terserah aja ya.. mau sama juga gpp kok.. gak dilarang )

 

urban effect 2

 

ini nanti fungsi nya sebagai background.

 

sekarang buka gambar yang mau dijadiin korban nya..

 

Saya pake gambar sepupu saya yang masih kecil ..

 

Seleksi objek dengan pen tool .. settingannya ada di bawah nih.. santai aja yaa nyeleksi nya.. biar nanti jadinya bagus.

 

urban effect 3

 

Kalo udah beres terseleksi , klik kanan > make selection

 

urban effect 4

 

kalo udah terseleksi, Drag gambar yang udah terseleksi ke dokumen baru yang dikasih warna gradient hijau. otomatis akan terbentuk layer baru (gambar objek yang tlah terseleksi)

 

di layer gambar : Klik Filter >artistic > Cutout ( settingan nya terserah yaa.. karena tergantung besar kecilnya gambar juga )

 

urban effect 5

 

klik Ctrl + J untuk menduplikat layer gambar.

 

urban effect 6

 

Klik 2x layer hasil duplikat tadi untuk menampilkan blending options , atau klik kanan > blending options

 

setting color overlay nya

 

urban effect 7

 

jangan dulu di OK ya.. sekarang lanjutin ke Outer glow

 

urban effect 8

 

Eits.. jangan dulu di OK.. setting juga stroke nya

 

urban effect 9

 

hasil sementara :

 

urban effect9a

 

buat layer baru di atas layer background .. klik layer > new > layer ..

 

urban effect 10

 

gunakan paint bucket tool untuk mewarnai layer baru tadi dengan warna putih.

 

urban effect 11

 

matiin kedua layer objek atau layer gambar .. dengan mengklik icon mata di pinggir layer.

 

Gunakan brush tool (softround 300 px, warna Hitam ) untuk membuat bulatan seperti gambar.

 

urban effect 12

 

Klik Filter > pixelate > color halftone

 

urban effect 13

 

Klik Select > Color range

 

urban effect 14

 

sekarang terseleksi bagian dots nya kan ? nah untuk menghapus warna putihnya .. klik select > inverse .. lalu teken DELETE di keyboard. Tekan CTRL + D untuk menghilangkan seleksi

 

urban effect 15

 

Klik 2x layer dots tadi untuk mengeluarkan blending options.. atau klik kanan > blending option ..

 

edit color overlay nya..

 

urban effect 16

 

duplikat layer dots tadi dengan menekan ctrl +J , kecilin atau besarin ukurannya.. buat beberapa buah Dots.

 

ubah warna nya dengan mengganti warna di blending option > color overlay

 

urban effect 17

 

hasilnya :

 

urban effect 18

 

Sekarang kita beri starburst

 

tutorial nya ada disini : Efek Starburst

 

tapi sekarang saya buat dengan manual aja ya..

 

Klik Pen Tool .. Jenis pen : Shape layer, warna putih

 

buat seperti contoh dibawah ya..

 

urban effect 19

 

ubah layer efek menjadi overlay lalu opacity dan fill sekitar 50%

 

urban effect 20

 

Buat layer baru di atas layer Shape 1 .. klik Layer > new > layer

 

sekarang kita bersenang-senang dengan brush yang tadi udah di install ..

 

Klik Brush tool .. klik kanan di area gambar nanti muncul brush option

 

klik jenis brush yang mau dipake : saya pake no 375 dan diameter 370 px

 

urban effect 21

 

klik di gambar sesuai kreatifitas masing-masing

 

urban effect 22

 

buat layer baru dan gunakan brush yang lain nya..

 

nanti ubah-ubah warna nya pake blending option > color overlay atau ubah layer effect nya jadi Overlay .. pokoknya semua terserah anda.. hehehe..

 

hasilnya :

 

urban effect 23

 

bisa juga diganti warna background nya..

 

urban effect 24

 

hasil dengan gambar lain :

 

efek urban

 

Selamat berkreasi teman teman…semoga dengan tutorial ini bisa menambah kreativitas kalian ya sobat !!!!! :D :)

Sumber : http://anamdabenk.blogspot.com/

Oleh : Yuliana XI MM3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s