Membuat Bubble Typo dengan CorelDraw

Bubble TypoBelajar desain grafis tak bisa lepas dari tipografi.  Seni bermain huruf yang membuat kita bisa berekplorasi banyak hal untuk menghasilkan karya desain yang unik dan menarik, salah satunya membuat bubble typo.  Tipografi bisa menjadi hal yang sangat penting ketika kita membuat desain untuk publikasi semacam poster, brosur, billboard, banner maupun t-shirt.

Berikut ini tutorial simpel membuat bubble typo atau tulisan yang menggelembung menggunakan CorelDraw dengan memanfaatkan tool dasar Artistic Media (I).  Sangat mudah prakteknya, hanya saja membutuhkan kreativitas untuk membuat goresan yang artistik dan menarik. Tutorial ini sudah saya share di Fenstermedia dalam bahasa Inggris dan tak ada salahnya dibagi di blog ini bagi para pembaca yang terhormat. Mari kita simak.

Langkah I

Buka dokumen baru (Ctrl+N). Saya menggunakan salah satu brush Artistic Media untuk membuat tulisan. Klik Artistic Media (I) di toolbox lalu pada preset pilihlah Rounded Stroke. Lihat gambar.

Artistic Media

Langkah 2

Mulai menggambar. Dengan menggunakan brush Rounded Stroke tersebut kita akan menggoreskan sebuah tulisan. Disinilah imajinasi dan kreativitasmu diperlukan. Untuk membuat goresan yang bervariasi, gunakan bermacam ukuran yang bisa diset di Stroke Width.

menggambar obyek

Langkah 3

Setelah selesai membuat tulisan, maka kita perlu memisahkan memisahkan stroke asli dan hasil goresan brush untuk proses editing lebih lanjut. Caranya: Gunakan preview wireframe (menu: View>Wireframe) sehingga akan terlihat garis-garis ditengah rounded brush yang telah kita buat. Select/pilih semua gambar lalu klik menu Arrange>Break Artisric Media Group atau gunakan Ctrl K. Setelah proses ini, kedua bagian akan terpisah. Hapuslah semua garis yang berada ditengah tiap gambar.

Menghapus Garis

Langkah 4

Setelah semua garis terhapus, kembalikan preview ke Normal atau Enhanced Preview. Kita bisa melalukan pengeditan obyek lebih lanjut jika terasa kurang sempurna.

Edit Lanjutan

Setelah masing-masing obyek sudah sesuai keinginan, gabungkan semua obyek menggunakan perintah Weld (menu: Arrange>Shapping) atau gunakan menu di Property Bar. Pada langkah ini kita bisa memberi warna pada obyek dan memberi outline menggunakan efek Contour.

Menambah Efek

Setelah proses ini, gambar sudah terlihat bentuknya. Agar lebih menampakkan efek 3D maka kita perlu menambahkan beberapa elemen semacam bayangan atau garis potong. Lihat gambar.

Elemen Tambahan

Hasil Akhir (klik untuk memperbesar)

Nah lebih menarik kan? Bubble Typo sudah terlihat lebih berdimensi daripada sebelumnya. Bermainlah dengan warna dan shape baru untuk membuat variasi lain yang lebih menarik.Selamat mencoba, Kawan!

variasi-bubble-typo

Sumber : http://belajardesa.in/membuat-bubble-typo-dengan-coreldraw

Oleh : Yuliana XI MM3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s