MENGGAMBAR BENTUK DASAR, MENGGUNAKAN WARNA DAN MENGIMPOR GAMBAR

A. Menggambar Bentuk-bentuk Dasar
1. Membuat garis dengan Line Tool
Flash menyediakan pilihan untuk membuat beragam bentuk garis. Pilih ikon Line Tool pada toolbar di sisi kiri layar, kemudian
lihat pilihannya di panel Properties di sebelah kiri bawah layar, Masukkan angka ketebalannya. Dan untuk memulai garis klik
pada stage dan drag sepanjang yang anda inginkan.

2. Membuat garis dengan Pencil Tool
Untuk membuat garis bebas, Pilih ikon Pencil Tool pada toolbar sisi kiri dan pilih warnanya pada panel Colors di bawahnya.
Untuk membuat garis lurus, pada panel Options di bawah toolbar pilihlah opsi Straighten, untuk garis lengkung yang halus
pilih Smooth dan untuk membuat garis sesuai dengan gerakan mouse pilih Ink.

3. Menggambar lingkaran atau elips
Pilih Oval Tool untuk menggambar bentuk lingkaran atau elips. Untuk memulai menggambar, klik pada stage dan drag sebesar lingkaran atau oval yang Anda inginkan. Adapun jenis dan warna garis serta sisi bentuk itu dapat dipilih pada panel
Colors.

4. Menggambar kotak
Pilih Rectangle Tool untuk menggambar bentuk kotak pada layar. Untuk memulai menggambar, klik pada stage dan drag sebesar kotak yang Anda inginkan. Adapun jenis dan warna garis serta warna isi (fill) bentuk itu dapat dipilih pada panel
Colors.

Apabila Anda ingin bentuk sudut kotak tidak berbentuk lancip tetapi berupa sudut yang halus (lengkung), Anda dapat mengubahnya dengan cara pilih Rectangle Tool dan rubah nilai yang ada pada panel Properties dan masukkan nilai 10 seperti yang ditunjukkan pada gambar di samping.
Lalu mulailah menggambar kotak dan hasilnya akan terlihat

5. Menggambar bentuk bersegi banyak
Untuk menggambar bentuk bersegi banyak, Klik dan tahan pada Rectangle tool, kemudian pilih PolyStar tool. Untuk memilih bentuk bersegi banyak atau bintang, Pilih Options pada panel Properties, Kemudian pada jendela dialog Tool Settings yang muncul Anda dapat memilih bentuk yang diinginkan serta dapat mengisikan angka berapa segi banyak yang akan dibuat.

Untuk menggambarnya, Klik mouse pada stage kemudian drag sesuai besarnya objek yang diperlukan.

6. Menggambar bentuk bebas atau unik
Untuk membuat bentuk bebas atau unik Anda dapat menggunakan Pen Too. Klik mouse pada stage, drag dan lepas, maka garis akan terbentuk. Gerakkan kembali mouse ke arah yang diinginkan dklik untuk membuat sudut atau anchor point. Bila bentuknya merupakan kurva tertutup maka dapat diberi warna.

7. Mengubah Ukuran Objek
Pilih Selection Tool klik dua kali pada gambar/objek yang akan diubah ukurannya. Pilih Free Transform Tool, maka pada
ujung bentuk akan muncul kotak kecil atau handle. Pada panel Option pilih opsi Scale. Klik pada salah satu titik kemudian drag kotak kecil tersebut ke arah luar, ukuran akan membesar dan drag ke arah dalam maka ukuran akan mengecil.

8. Memutar Objek
Pilih Selection Tool klik dua kali pada gambar/objek yang akan diputar. Pilih Free Transform Tool, maka pada ujung bentuk akan muncul kotak kecil atau handle.Pada panel Option pilih opsi Rotate and Skew pada panel Option kemudian arahkan mouse mendekati salah satu handle yang ada di sudut hingga kursor membentuk panah melingkar. Klik dan drag ke arah putaran yang diinginkan.

B. Menggunakan Warna
1. Mengganti Warna
Untuk mengganti warna isi atau garis dari bentuk yang telah dibuat dapat dilakukan dengan menyeleksi/memilih bentuk yang akan diganti dengan menggunakan Selection Tool ( ). Double-klik gambar yang ingin diganti warnanya, kemudian pada panel Colors pilih opsi Stroke Color ( ) Klik dan pilih warna untuk mengubah warna garis atau pilih Fill Color ( ) Klik dan pilih warna untuk mengubah warna isi bentuk.

2. Gradasi
Untuk memberi warna gradasi bada suatu gambar/objek, pilih menu Window Color Mixer, jendela Color Mixer akan muncul di sebelah kanan layar. Pilih gambar/objek yang akan diberi warna gradasi dengan Selection Tool, pada pull-down menu di panel Color Mixer, pilih Type Radial. Pilih warna yang lebih terang untuk bagian sebelah kiri, sedangkan bagian kanan yang lebih gelap.

Untuk mengedit gradasi pilih Gradient Transform Tool. Klik dan drag handle yang muncul sesuai dengan arah yang diinginkan.

C. Mengimpor Gambar dan Mengolahnya
1. Mengimpor Gambar
Untuk memasukkan gambar dalam format bitmap, seperti misalnya foto, ke dalam movie dapat dilakukan dengan cara mengimpor gambar/foto tersebut. Pilih menu File – Import – Import to Stage, lalu cari letaknya direktori gambar yang akan diimpor.

2. Memperbesar/memperkecil
Untuk memperbesar atau memperkecil ukuran gambar dapat dilakukan dengan menggunakan Scale Tool pada toolbar disebelah kiri. Agar ukuran gambar tidak distorsi, tekan Shift pada keyboard pada saat memperbesar/memperkecil gambar.

3. Mengubah Bitmap menjadi Vektor (Trace Bitmap)
Dalam Flash terdapat fasilitas untuk mengubah gambar dalam format bitmap menjadi vektor, yaitu menu Trace Bitmap. Fasilitas ini berguna untuk mengurangi besarnya file karena penggunaan gambar bitmap dalam animasi. Namun tentunya kualitas gambar bitmap itu sendiri akan mengalami penurunan. Untuk mengaplikasi Trace Bitmap pada gambar/foto yang telah kita impor, sebelumnya pilih/seleksi terlebih dulu gambarnya menggunakan Selection Tool pada toolbar. Kemudian pilih menu Modify – Bitmap – Trace Bitmap

Setelah muncul kotak dialog Trace Bitmap, masukkan angka pada kolom Color Threshold dan Minimum Area . Semakin besar angka yangdimasukkan semakin besar pula file yang dikompres. Namun sebaiknya tidak memasukkan angka lebih kecil dari 10 (sepuluh) karena pengaruhnya pada pengurangan besarnya file sebagai tujuan utama Trace Bitmap akan sangat kecil. Bahkan pada beberapa komputer (dengan spesifikasi rendah) akan mengakibatkan hang, karena komputer dipaksa bekerja terlalu keras untuk menguraikan gambar tersebut.

Setelah proses Tracing Bitmap selesai, pilih menu Modify – Group, agar gambar yang sudah di-trace tersebut terkumpul sebagai satu image.

4. Pengolahan Gambar lebih lanjut
Untuk mendapatkan gambar dengan hasil olahan lebih lanjut, disarankan untuk menggunakan software lain yang memang dikhususkan untuk mengolah gambar/foto, seperti; Macromedia Fireworks, Adobe Photoshop atau Corel Photopaint. Adobe Flash CS3 Professional digunakan pada saat gambar tersebut telah siap untuk dianimasikan.

Sumber : http://namiraputri.wordpress.com/2011/04/03/flash-cs3-professional/
By : Hana Hasya XI MM3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s