Ilmu Fotografi

Istilah-istilah Fotografi Dasar Yang Perlu Dipahami

Dunia fotografi kini seakan menjadi tren yang melaju dengan pesat, seiring dengan industri kreatif yang semakin digemari oleh kalangan anak muda, tren fotografi pun menjadi salah satu hal wajib ada didalamnya, banyak komunitas fotografi semakin berminculan, bahkan anak-anak kecil sudah pintar memainkan gadget potret ini, seakan kamera DSLR atau SLR kini sudah bukan hal yang jarang kita temui dan susah kita dapatkan lagi, banyak kamera berkualitas baik bisa kita beli dengan harga yang relatif murah sehingga fenomena fotografer dadakan kini semakin banyak kita jumpai di mall, taman kota bahkan sekolah dan kampus banyak yang menentengnya seolah-olah menjadi gaya hidup yang bisa menaikan gengsi. namun apakah kita benar-benar paham tentang fungsi dan istilah istilah dalam tehnik fotografi? apakah penting memahaminya? kami kira itu tergantung dari diri kita apakah perlu mendalami atau hanya sekedar gaya gayaan. berikut kami merangkum beberapa istilah dasar dari tehnik fotografi :
1. ISO
Jika kita mengambil Foto di ruangan terbuka mungkin sensitifitas cahaya sangat mengganggu, dan Tingkat sensitifitas cahaya tergantung pada ISO. Semakin besar angka pada ISO akan semakin sensitif dalam menangkap cahaya, namun efek negatifnya jika kita tidak bisa setting ISO dengan benar makan akan timbul noise pada foto yang dihasilkan.

2. Speed
Sudah jelas kita bisa menyimpulkan ini pasti berhubungan dengan kecepatan, speed adalah kecepatan kamera dalam menangkap sebuah gambar. setting untuk Speed bisa dirubah sesuai keinginan dan kebutuhan objek yang akan kita foto. Semakin cepat pengaturan speed semakin beku gambar tersebut dan semakin lambat speed akan membutuhkan stabilizer agar gambar tidak shake. seperti kita menangkap objek bergerak seperti kendaraan atau kereta teknik setting speed sangat kita perlukan untuk mendapatkan gambar yang berkualitas.

3. Diafragma/Bukaan/Aperture
Biasa secara umum kita sebut ini dengan bukaan lensa, ini berfungsi untuk menangkap intensitas cahaya yang masuk kedalam kamera. Intinya jika semakin besar bukaan lensa akan semakin besar pula kapasitas menangkap cahaya, hal ini berpengaruh pada ruang tajam gambar (DOF) atau biasa disebut dengan Depth Of Field.

4. Mode Dial
Dalam setiap kamera DSLR Atau Pocket sekalipun pasti memilik mode dial baik itu dalam bentuk tombol maupun panel putar. Biasanya yang nampak ada 5 macam mode dial yaitu :

Auto, adalah pengaturan paling mudah dalam kamera, karena semua sudah diatur secara dan disetting secara otomatis, pemakai kamare tinggal pencet shutter langsung jadi foto. namun kekurangannya kita tidak akan puas dengan hasilnya karna setting otomatis ini bisa dikatakan setting kamera secara default, tapi mode ini bisa membantu bagi pemula.
Aperture Priority, Adalah dimana kecepatan akan diatur secara otomatis kemudian untuk diafragma/bukaan kita atur sendiri sesuai kebutuhan.
Speed Priority, adalah dimana system ini merupakan kebalikan dari Aperture Priority.
Program, adalah semua telah diatur oleh kamera. bisa dikatakan setting default mirip seperti Auto.
Manual, Adalah fungsi mode ini kita dapat bereksperimen mulai dari pengaturan WB, Speed dan sebagainya. cocok untuk photografer pro atau yang sudah mengerti setting kamera.

sumber : http://clicklifes.blogspot.com/2013/04/istilah-fotografi-dasar-yang-wajib-dipahami.html
By : Tri Wahyuni .s. XI MM3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s