MEMBUAT ANIMASI OBJEK BERGERAK

A. Animasi Gerak dengan Pergeseran Tempat
Untuk membuat animasi sebuah objek yang dapat bergerak/ bergeser dari suatu tempat ke tempat lain (ke samping, ke atas, ke bawah dan sebagainya) langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Setelah membuat file baru, pilih Oval tool pada toolbar (atau tool yang lain sesuai bentuk objek yang akan dibuat).
2. Buat sebuah lingkaran pada layar kerja.

3. Pilih Selection tool, kemudian klik dua kali pada lingkaran untuk mengaktifkan lingkaran.
4. Pilih Modify > Convert to symbol
5. Pada kotak dialog yang tampil isikan seperti berikut:
6. Pilih OK
7. Klik mouse di frame 30 pada Timeline, kemudian pilih Insert > Timeline > Keyframe atau Klik kanan mouse pilih Insert Keyframe.
8. Klik mouse pada lingkaran, kemudian geser lingkaran ke sembarang tempat (sebagai contoh di sini digeser ke arah kanan)

9. Blok pada Timeline dari frame 1 hingga frame 30.
10. Pilih jendela Properties, pada pilihan Tween pilih Motion.
Atau Klik kanan mouse pada Timeline pilih Create Motion tween
Sekarang coba jalankan animasinya dengan cara pilih Control Play atau tekan Enter pada keyboard Catatan :
Anda dapat merubah gerakan awal dan akhir dengan cara:
– Klik mouse pada frame 1 (untuk awal gerakan) kemudian ubah letak lingkaran pada layar, dan
– klik mouse pada frame 30 (untuk akhir gerakan) kemudian ubah letak lingkaran.
Untuk mempercepat gerakan animasi geser keyframe akhir ke kiri (30).

B. Animasi Gerak dengan Pembesaran atau Pengecilan Bentuk
Untuk membuat animasi gerak dengan pembesaran atau pengecilan bentuk, lakukan langkah yang sama dengan pembuatan animasi pergeseran tempat hingga langkah ke 10.
1. Kemudian klik frame 30 pada Timeline.
2. Pilih Free Transform Tool , arahkan kursor ke salah satu titik sudut yang muncul di gambar lingkaran. Sambil menekan tombol Shift pada keyboard, Klik mouse pada titik tersebut dan geser ke arah luar hingga lingkaran membesar. Kemudian lepaskan mouse. Jalankan animasi dg menekan tombol Enter.

Catatan: Untuk membuat objek mengecil, saat menggeser sebuah titik pada lingkaran arahkan ke dalam hingga lingkaran mengecil.

C. Animasi Gerak dengan berputar
Untuk membuat animasi gerak dengan berputar, lakukan langkah yang sama dengan pembuatan
animasi pergeseran tempat hingga langkah ke 10.
1. Pilih Selection tool, kemudian klik dua kali pada lingkaran atau klik kanan mouse pada lingkaran, pilih Edit in Place.

2. Pilih Paint Bucket Tool
3. Pilih Window Color Mixer
4. Pada jendela Color Mixer pilih Radial pada pilihan Type

5. Kemudian arahkan kursor ke lingkaran (jangan ditengah-tengah) dan klik mouse.
Catatan: Langkah di atas bertujuan agar saat lingkaran diputar terlihat gerakkannya.
6. Tutup jendela lingkaran dan kembali ke jendela Scene 1 dengan cara klik pada tab Scene 1.
7. Kemudian klik frame 30 pada Timeline.
8. Pilih Modify >Transform > Rotate and Scale
9. Pada jendela Scale and Rotate isi kolom Rotate dengan 180 (angka ini menunjukkan berapa derajat objek akan berputar)
10. Pilih OK
Jalankan animasi
Catatan: Untuk membuat animasi yang dapat bergerak berputar sambil membesar atau mengecil, Anda dapat mengisikan nilai Scale dan Rotate secara bersamaan pada jendela Scale and Rotate.

D. A nimasi Perubahan Bentuk
1. Buat sebuah file baru.
2. Dengan menggunakanOval Tool buatlah sebuah bentuk oval.
3. Klik di frame 40 pada timeline, klik kanan mouse pilih Insert Blank Keyframe.
4. Di posisi frame ke-40, buatlah sebuah persegi.

5. Klik mouse pada bagian tengah timeline, pilih jendela Properties, pada opsi Tween pilih Shape.
6. Jalankan animasi.
Untuk memperoleh animasi yang gerakannya lebih teratur, dapat digunakan Shape Hints. Sebagai contoh dapat dipraktekkan pada animasi yang baru saja kita buat.
1. Klik mouse pada frame pertama.
2. Pilih Modify > Shape > Add Shape > Hint, akan muncul bulatan kecil berwarna merah.
3. Ulangi sebanyak tiga kali kemudian drag masing-masing titik a, b, c, d sesuai gambar.
4. Klik mouse pada frame terakhir.
5. Pindahkan masing-masing titik a, b, c dan d, sesuai gambar. Titik akan berubah menjadi hijau.

6. Klik kembali mouse pada frame pertama. Dapat dilihat bahwa titik berubah menjadi kuning, artinya, Shape Hint telah berhasil.

7. Jalankan animasi.

Sumber : http://namiraputri.wordpress.com/2011/04/03/flash-cs3-professional/
By : Hana Hasya XI MM3

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s